Bupati Tinjau Danau Hatiwin

Rantau, ~ Bupati tapin Drs. H.M. Arifin Arpan, MM tinjau danau Hatiwin di wilayah kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin, dan bupati janji kawasan ini akan ditata dan dikembangkan menjadi kawasan wisata unggulan kabupaten Tapin. “Saya baru tahu di desa Hatiwin ini ada danau yang banyak dikunjungi oleh warga dan juga kawasan cukup bagus untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata mengingat lokasinya cukup dekat dengan kota Rantau,” ungkap bupati Tapin HM Arifin Arpan saat meninjau dan mengunjungi kawasan danau ini belum lama tadi. Dalam kunjungannya tersebut bupati Tapin didampingi kepala Dinas Pemuda, Orah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten H. Rajuddin Noor, MAP, kepala desa Hatiwin dan tokoh masyarakat setempat pada saat itu juga berkesempatan untuk naik perahu mengitari kawasan danau.
 
Menurut Bupati Tapin kawasan ini sangat potensial untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata, namun karena dana pemerintah kabupaten Tapin sangat terbatas maka coba akan ditawarkan kepada pihak ketig dan sebelum ditawarkan kepada pihak ketiga akan dilakukan kajian terlebih dahulu, dan apa saja yang cocok untuk dikembangkan dikawasan ini. “Sebelum kita tawarkan kepada pihak ketiga maka terlebih dahul dilakukan kajian, dan fasilitas pendukungnya seperti jalan masuk harus diperlebar minimal untuk kendaraan Bis dapat masuk, dan listrik juga diusahakan,” ungkap Bupati Tapin.
Dikatakannya pula mengingat di kawasan danau ini banyak tumbuhan karet milik warga maka perlu ada pembebasan lahan sehingga dapat memudahkan untuk dikembangkan apa saja yang cocok dan perlu untuk dibangun. “Saya yakin kawasan danau ini kedepan akan rame dan berkembang karena itu kepada semua pihak khususnya warga setempat dapat memberikan dukungannya, karena apabila kawasan ini sudah terbuka maka warga masyarakat setempat juga ikut menikmatinya terutama dapat membuka warung dan sebagainya,” Katanya.
 
Sementara itu kepala desa Hatiwin pada kesemptan itu pula siap memberikan dukungannya apabila kawasan ini jadi untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata, mengingat selama ini sudah mulai dikenal oleh warga masyarakat dan buktinya apabila hari libur atau sabtu dan Minggu warga semakin banyak berdatangan bersama anggota keluarganya. “Warga yang datang tidak hanya dari wilayah kabupaten Tapin tetapi ada juga yang datang dari wilayah Banua Enam dan Banjarmasin, serta ada juga yang datang dari Kaltim, dan Kalteng,” Katanya.
 
Dikatakannya pula selama ini danau Hatiwin hanya dikelola oleh warga masyarakat bersama Karang Tarunannya dengan fasilitas seadanya seperti perahu dan sepeda bebek. Dan diceritakannya pula pada mulanya danau Hatiwin ini terbentuk dari jalur sungai Hatiwin luas dan memanjang, setelah adanya pembangunan jalan di kawasan ini maka posisi sungai sebagian ada yang tertutup sehingga membentuk danau. “Danau ini juga dapat dimamfaatkan oleh warga sebagai bahan baku air bersih dan juga untuk pencarian ikan air tawar, karena selam amusim kemarau panjang kondisi air di danau ini tak pernah kering,” Katanya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Tapin
email : kominfo@tapinkab.go.id ©2017